Mie Kangkung

February 26, 2007 sussyas

Jum’at malam suami mau pulang dari jogja wah…, menu makan malamnya apa yah hmm…, liat kulkas ajaib (kalo doraemon kantung ajaib), ada apa yah…, wah ada daging sop nih, telur puyuh kesukaan ade (minta yah de buat ayah!!) kayanya enak dibuat loemie kankung, kebetulan ada sisa kangkung buat kura2 nih (heheh maaf yah mas kankungnya sisa “silayung”🙂 ) siapkan bahan, racik-racik, nyalakan kompor “sibiru” yg setia, gonsreng gonsreng, klontang-klonteng rame deh pokoknya kalo aku didapur hehhe, jadi deh loemienya, komentar ade : “hmm mienya halum…” (sambil mendus mendus hindungnya kaya kucing kesayangannya “si Hiedeung”), komentar Aa: “wah enak nih, aku mau yah mah”, “ok sayang terima kasih atas komentarnya yah”. (fotonya nanti yah diuploadnya)

Resepnya:
Mie Kankung

Ingredients:
1/2 ikat kangkung, potong-potong sesuai selera
Kaldu sapi
300 gram daging sapi, potong kecil2
1/2 bawang bombay
4 bawang merah, dirajang
3 siung bawang putih, dirajang
1 sdm ebi, haluskan
1 sdt minyak wijen
1 sdt fish sauce
1/2 sdt oyster sauce
1sdt kecap manis
1/2 sdt merica
garam secukupnya
Sedikit minyak untuk menumis
Air kira-kira 1,5 liter
Larutan maizena untuk mengentalkan

Pelengkap :
10 butir, tiriskan
Daun bawang, iris halus
Bawang goreng

Directions:
1. Rebus daging sapi hingga empuk (untuk kaldu) hingga airnya bersisa sekitar 750 liter. Sisihkan.
2. Tumis bawang bombay+bawang merah+bawang putih+ebi hingga harum, masukkan irisan daging, merica dan minyak wijen, tumis hingga matang.
3. Masukkan tumisan daging tsb ke dalam rebusan kaldu, tambahkan oyster sauce, kecap manis dan garam, masak hingga mendidih. Kentalkan dengan larutan maizena, aduk. Cicipi. Angkat.
4. Kankung di rebus sebentar, angkat dan masukkan ke dalam air es agar warnanya tetap hijau segar.
5. Rebus mie, angkat, tiriskan.
6. Cara menghidangkan : taruh mie, kangkung dan telur puyuh di dalam mangkok, siram dengan kuah beef. Taburi dengan irisan daun bawang dan bawang merah goreng

Entry Filed under: Dapurku

3 Comments Add your own

  • 1. Bee  |  February 26, 2007 at 3:38 am

    eh, lomie kangkungnya mana?kok ga dibawa ke kantor juga?hihi…tapi ya gpp, cuma dapat resepnya dulu, kapan2 lomienya masih bisa menyusul kok..hehe..

  • 2. Sussy Asiatin  |  February 26, 2007 at 5:51 am

    hehhe, padahal aku pernah janji yah mau bawain mie yamin dapurku, nanti yah mia, Insya Allah…

  • 3. Irfan Permana  |  March 2, 2007 at 8:22 am

    Saya jugaaa….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

February 2007
M T W T F S S
    Mar »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728  

Most Recent Posts

 
%d bloggers like this: